Jumat, 09 Desember 2011

Tip dan trik blog seo friendly

Setelah beberapa kali saya menulis tips tentang wordpress, sepertinya sedikit sekali artikel tentang SEO atau bahkan belum ada ya?he.. Mulai artikel ini saya ingin berbagi tips dan trik tentang SEO. Seluruh tips dan trik SEO yang akan saya bagikan merupakan pengalaman saya selama ini  belajar dan mempraktekan langsung. Walaupun memang satublog belumlah teroptimasi secara maksimal dalam hasil pencarian Google, akan tetapi saya ingin membagi semua yang saya pelajari dan praktekkan untuk sobat semua. Hal ini saya lakukan agar tidak lupa dan nanti semakin menumpuk ide dalam otak saya yang membuatnya jadi males nulis icon lol Langkah Pertama Membuat SEO Friendly Blog Wordpress
Oke, udah panjang basa-basinya untuk tips kali ini hanya untuk blog dengan platform wordpress, karena saya juga menguasainya hanya wordpress icon biggrin Langkah Pertama Membuat SEO Friendly Blog Wordpress .
Langkah pertama saya untuk membuat SEO friendly pada blog wordpress ialah dengan menyeting “privacy setting” dan “permalink” dari blog yang kita miliki.
  • Privacy Setting
Untuk melakukan konfigurasi dari privacy setting, sobat cari di bagian Dasboard -> Setting -> Privacy.
Kalau sudah maka tinggal di klik maka akan tampil halaman seperti ini
privacy Langkah Pertama Membuat SEO Friendly Blog WordpressPrivacy setting ini sangat berpengaruh bagi SEO dari blog sobat. Walau memang sepertinya merupakan hal sepele, tapi ini penting dan utama. Karena di bagian privacy ini mempunyai 2 opsi yaitu “ I would like my site to be visible to eceryone, including search engines (like Google, Bing, Technorati) and archivers”  dan “I would to block search engines, but allow normal visitors“.
Apabila sobat ingin blognya terindex dan masuk dalam pencarian dari search engine, maka jangan lupa untuk memilih opsi yang pertama. Sedangkan opsi yang kedua, blog sobat tidak akan terindex dan tidak akan di temukan dalam pencarian search engine.
Sebenernya saat sobat menginstall pertama kali blog wordpress, secara default akan dipilih dengan opsi yang pertama. Akan tetapi apabila suatu saat sobat menemukan setting privacy nya berubah, silahkan di ganti saja dengan opsi pertama.
  • Permalink
Oke, kemudian langkah selanjutnya ialah dengan mengatur permalink. Permalink ada di bagian Dashboard -> Setting -> Permalink.
Kalau sobat udah menemukannya, maka akan muncul tampilan seperti ini
permalink Langkah Pertama Membuat SEO Friendly Blog Wordpress
Nah kalau default dari wordpress ialah opsi yang pertama. Kalau sobat ingin memiliki link yang SEO friendly, silahkan pilih opsi yang kedua atau ketiga. Maupun kalau ingin mengganti dengan “custom structure” seperti punya saya juga silahkan.
Apabila sobat ingin menggunakan custom structure, sobat bisa pilih konfigurasi berikut
/%postname%/  —-> link akan sesuai dengan judul artikel sobat
/%postname%.html —> link akan sesuai dengan judul artikel sobat dan akan berakhiran dengan ekstensi .html
/%postname%.php —>link akan sesuai dengan judul artikel sobat dan akan berakhiran dengan ekstensi .php
/%category%/%postname%/ —>  link akan sesuai dengan judul artikel sobat, plus di tambah dengan kategori dari artikel yang sobat buat.
Memang apa pengaruhnya dengan SEO? Menurut saya sangat besar sob. Dengan link artikel yang sesuai dengan title dan mengandung keyword yang sedang kita incar, maka akan lebih cepat terindex dan lebih di utamakan oleh search engine dari hasil pencarian.
Oke itulah tadi sedikit trik SEO yang saya gunakan selama ini. Akan tetapi dengan mempraktekkan trik di atas,  tidak akan langsung membuat blog kita muncul di halaman pertama search engine. Masih banyak trik SEO lain yang harus kita kuasai dan lakukan.

0 komentar:

Search